Jumat, 17 Maret 2017

Artikel Komputer dan Masyarakat





Penerapan Teknologi Pendidikan di Masyarakat
Teknologi informasi (information technology) mulai berkembang pesat di diawal tahun 1980-an. Pesatnya perkembangan teknologi ini didukung oleh pesatnya perkembangan 11 prosesor (chip) yang berfungsi sebagai otak sebuah komputer pribadi (Personal Computer). Perkembangan teknologi hardware ini diikuti pula oleh kemajuan dalam bidang software, meskipun perkembangannya jauh di belakang perkembangan hardware.
Pada mulanya, prosesor dan software dirancang untuk sebuah komputer pribadi yang berdiri sendiri (stand alone PC). Namun sejalan dengan perkembangannya, PC-PC tersebut akhirnya dapat diintegrasikan melalui suatu jaringan (network) secara fisik.  Sehingga kita mengenal berbagai jenis jaringan yang mengintegrasikan beberapa buah PC. Contoh jaringan yang sering kita jumpai adalah Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), dan Internet.

Jaringan internet merupakan salah satu jenis jaringan yang popular dimanfaatkan, karena internet merupakan teknologi informasi yang mampu menghubungan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan informasi dari berbagai jenis dan bentuk informasi dapat dipakai secara bersama-sama. Saat ini telah banyak perusahaan swasta di Indonesia yang menyediakan jasa sambungan internet, misalnya IndoInternet, Radnet, D-Net, Idola, dan lain-lain.

Perusahan lain seperti PT Pos Indonesia yang juga menjadi penyedia jasa sambungan ke internet (Wasantara-Net) yang membuka cabang di setiap kota, yang kemudian menjadi pengembangan Nusantara 21. Nusantara 21 adalah jalan raya lintasan informasi yang menghubungkan seluruh kawasan nusantara dengan bandwidth yang sangat besar, sehingga memungkinkan pertukaran informasi dalam berbagai bentuk (teks, grafis, suara dan video) dapat terjadi dengan cepat.

IT atau Information Technology memberikan kontribusi yang luar biasa dalam hal penyebaran materi informasi ke seluruh belahan dunia.  IT merupakan suatu alat Globalisator yang luar biasa, salah satu instrumen vital untuk memicu time-space compression (menyusutnya ruang dan waktu), karena kontaknya yang tidak bersifat fisik dan individual, maka ia bersifat massal dan melibatkan ribuan orang.  Seseorang bisa terhubung ke dunia virtual global untuk bermain informasi dengan ribuan komputer penyedia informasi yang dibutuhkan, hanya dengan berada di depan komputer yang terhubung dengan internet.


Perkembangan teknologi informasi (TI) yang sedemikian pesat tersebut menciptakan kultur baru bagi semua orang di seluruh dunia. Dunia pendidikan pun tak luput dari sentuhannya. Integrasi teknologi informasi ke dalam duina pendidikan telah menciptakan pengaruh besar. Mutu dan efisiensi pendidikan dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi.

Sumber : https://staff.blog.ui.ac.id/harrybs/2009/04/24/penerapan-teknologi-informasi-pendidikan-dalam-masyarakat/


Penerapan Komputer Dalam Berbagai Bidang Pekerjaan
Komputer dan masyarakat (computers in civilization) merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan pada Universita Haluoleo, mengapa komputer dihubungkan dengan masyarakat? mengapa bukan teknologi informasi yang dibahas? adalah John Preston orang yang mempopulerkan tema ini dalam bukunya Computer in a Changing Society dijelaskan bahwa teknologi informasi (TI) sekarang ini identik dengan komputer, bicara TI maka pasti berhubungan dengan komputer. Namun terlepas dari itu, komputer dan masyarakat merupakan sebuah studi tentang bagaimana pemanfaatan komputer di berbagai aspek kehidupan di masyarakat (sosial komputer), bagaimana komputer memberi pengaruh, bahkan membentuk budaya atau tren baru. Pada tulisan kali ini, saya mencoba membahas hal yang terkait dengan komputer dan masyarakat, yaitu pemanfaatan komputer pada berbagai bidang.
Berikut ini adalah beberapa contoh bagaimana komputer digunakan dalam bidang yang sering dijumpai di masyarakat:

1.Bisnis
Dalam bidang bisnis, bahkan tidak hanya bisnis, menggunakan komputer untuk membuat dokumen-dokumen seperti kontrak, brosur, surat, laporan tahunan, manual prosedur, pernyataan kebijakan, dll. Dokumen disimpan, dipanggil kembali, diedit, dan didistribusikan oleh komputer dengan menggunakan program yang secara umum disebut pengolah kata (word processing). Memo yang sebelumnya ditulis
pada kertas dan didistribusikan oleh bagian surat via pos, sekarang ditulis pada komputer dan didistribusikan dengan model surat elektronik (email).

2.Pendidikan
Pendidikan saat ini dapat secara signifikan dipengaruhi oleh penggunaan komputer untuk melakukan kegiatan belajar jarak jauh. Jika siswa dan guru menggunakan komputer atau internet pada waktu yang sama, ini disebut pertemuan kelas sinkronus. Jika siswa dan guru mengirim pesan dan bertukar informasi pada waktu yang berlainan, kelas ini disebut asinkronus. Istilah pendidikan jarak jauh sudah umum digunakan karena metode ini populer untuk mengajar banyak orang di area yang tersebar. Model pendidikan ini juga populer diantara siswa yang punya jadwal kerja padat dan berlokasi pada jarak yang jauh.

3.Kedokteran
Komputer dapat digunakan untuk menghasilkan foto yang lebih baik dari tubuh pasien. Sinar-X adalah teknik tradisional yang merekam bayangan dua dimensi dari tulang pada film. Computerized Axial Tomography, juga dikenal sebagai CAT scan, adalah serangkaian gambar sinar-X dua dimensi yang digabungkan dengan komputer untuk mendapatkan gambar tiga dimensi.

4. Militer

Komputer digunakan untuk mensimulasi perilaku dari pesawat, kendaraan dan system senjata untuk memberikan praktik kepada para trainee (orang yang dilatih), dan memungkinkan mereka belajar dari kesalahan fatal yang mematikan. Komputer dapat merekan kinerja trainee dan menampilkannya kembali sehingga trainee dapat mengamati perilaku mereka sendiri dan belajar dari perilaku tersebut. Banyak orang militer masuk medan perang dengan pengalaman terbatas dalam hal penggunaan amunisi, tetapi simulasi sangat realistis sehingga mereka dapat melakukan tugas mereka dengan baik.

Sumber : http://nita-maulina.blogspot.co.id/p/penggunaan-komputer-di-berbagai-bidang_1216.html


Cara Menggunakan Hotspot yang Aman
Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. 


Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant(PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.

Namun keamanan yang diharapkan kadang membuat pengguna kwatir,hal ini disebabkan semakin banyaknya aplikasi yang bisa membajak serta mengintip jalur lalu lintas dari wifi tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut berikut Tips Aman Menggunakan Jaringan Wifi Hotspot :

1. Gunakan Firewall

Aktifkan Windows Firewall pada komputer Anda, dan gunakan set pengaturan ke jaringan publik (Public Network) untuk pengaksesan yang lebih aman. Ada beberapa software firewall yang disediakan oleh pihak ketiga, seperti ZoneAlarm Free Firewall yang melindungi terhadap serangan hack, mengontrol bagaimana program-program mengakses internet dan menawarkan perlindungan identitas (identity protection).

Anda harus mengaktifkan firewall Anda, baik itu Anda di rumah atau di jalan, terlebih lagi jika Anda terhubung ke hotspot publik.

2. Gunakan VPN

Gunakan produk VPN pihak ketiga seperti HotSpot Shield, GoTrusted Secure Tunnel 2 atau pilihan semua berbasis cloud seperti Hotspot VPN. Solusi ini melindungi dengan cara menciptakan jaringan pribadi virtual antara mesin dan jaringan virtual mereka. Tetapi dengan menggunakan VPN ini dapat menyebabkan proses browsing dan download file dapat sedikit lebih lambat menggunakan VPN.

3. Pilih Jaringan Yang Lebih Aman

Jika Anda memiliki pilihan, pilihlah yang menggunakan beberapa macam atau  bentuk enkripsi. Anda bisa membedakan mana jaringan yang dijamin oleh Windows 7.

Jika kita mengarahkan mouse ke masing-masing SSID yang ditemukan akan menampilkan tipe keamanan. Cobalah untuk menghindari jaringan dengan tipe keamanan “Unsecured”

4. Perkuat Keamanan

Menggunakan software antivirus adalah sesuatu yang sangat baik, tetapi Anda juga harus memberikan pertahanan pada file data Anda dari seseorang yang tidak dikehendaki. Pada Windows, menyembunyikan folder yang berisi data “penting” itu mudah untuk dilakukan dengan cara meng-HIDDEN.

Sumber : http://www.bukagoogle.com/2013/09/tips-aman-menggunakan-wifi-hotspot.html

0 komentar :

Posting Komentar

Trima kasih atas saran/komentar anda...!(^_^)